blogponsel
Foto Ketika Mencuci Motor Menggunakan Steam




Hallo masbro! Salam super - Rata-rata banyak konsumen pemilik kendaraan roda 2 (dua) yakni sepda motor lebih memilih untuk mencuci sepeda motornya di tempat pencucian umum seperti di kota-kota maupun tempat umum lainnya.

Waspadalah cara ini tanpa disadari akan berdapak efek negatif yang tentu tak baik pada mesin, ketika mencuci sepeda motor dalam keadaan kondisi mesin serta komponen-komponen part masih keadaan panas.

Hal ini biasanya karena pemilik sepeda motor ingin mencuci dengan hasil cepat, justru kebiasaan negatif tersebut bisa akan memberi kerusakan fatal pada komponen-komponen atau part pada sepeda motor.

Salah satu contohnya bagian logam seperti pada komponen-komponen di motor dan ketika itu ada air dingin saat akan hendak mencuci merupakan dua hal yang fatal akan saling bertentangan.

Ketika part komponen seperti besi yang bersuhu panas dan langsung disengajakan terkena air dingin secara langsung, maka akan terjadinya perubahan suhu yang sangat-sangat fatal dan drastis, karena ini akan menimbulkan dampak negatif dan sangat buruk pada komponen part motor di mesin.

Kasus yang pernah terjadi blok mesin menjadi retak saat tiba-tiba diguyur dengan air ketika kondisi masih sangat panas.

Hukum fisika pun juga menyebutkan, saat ketika terjadinya perubahan suhu yang secara mendadak bisa membuat terjadinya perubahan, dalam kasus ini komponen-komponen part seperti besi atau logam yang akan rusak.

Efeknya memang tak memberi secara langsung, akan tetapi ketika hal ini dilakukan secara berulang-ulang. Paling mudah dengan melihat komponen-komponen part di motor yang lebih cepat rusak akibat gara-gara mencuci kendaraan sepeda motor saat kondisi masih dalam keadaan panas yakni contoh dibagian pipa pada knalpot motor.

BACA JUGA: Belum Banyak Yang Tau, Nih Penjelasan Arti Kode "W" Pada Oli Mesin.

Selain itu besi yang bisa menguning atau seperti warna pelangi, untuk model krom juga bisa membuatnya efek terkelupas.

Dampak buruk lain yang bisa ditimbulkan adalah timbul bercak yang menjadi noda di sekitar mesin. Hal ini terjadi dikarena kandungan terdpat pada deterjen,sabun lantaran mengering saat melekat ke bidang komponen yang masih panas. (SMB).