Berikan autosol ke bagian knalpot yang mulai berkarat



Hallo brosist! salam super - Pasalnya pipa saluran buang ini posisinya ada di bawah motor dan jadi bagian paling sering terkena cipratan air maupun kotoran.

Apalagi suhu yang panas dari pipa knalpot itu sendiri, bikin karat cepat muncul.


“Di musim kayak begini, yang kadang hujan dan kadang panas banget, itu juga bikin knalpot karatan,” ucap Dadung yang buka bengkel di daerah Kalimati, Jakarta Barat ini.


“Sebenernya, karat itu tak bakal cepet muncul sih kalau yang punya motor rajin membilas setelah riding kala hujan atau kecipratan air kotor,” lanjutnya.


Tapi, jika sudah terlanjur muncul karat di bagian knalpotnya, Dadung punya tips cara menghilangkannya.


Tahap awal, lepas dulu knalpotnya dari dudukan knalpot supaya lebih mudah membersihkannya.


Jangan lupa, siapkan ampelas halus dan kasar untuk membersihkan leher knalpot.

“Kalau karatnya sudah tebal dan lumayan parah, ampelas dulu pake ampelas kasar sampai kuning karatnya itu hilang. Lalu, digosok lagi pake ampelas halus buat ngebersihinnya,” jelasnya.


Setelah itu, bagian yang habis diampelas tadi disiram pakai air biar kotorannya terbilas.


Kini, tunggu sampai mengering. Jika sudah kering, giliran poles bagian yang berkarat tadi pakai Autosol.

Harganya bahan ini, sekitar Rp 10 ribuan.


Bila sudah selesai dipoles, sekarang lanjut disiram pakai bensin dan pasang deh knalpotnya.


“ Knalpotmemang harus dibersihkan minimal sebulan sekali, biar tak mengkuning dan timbul karat. Disiram pakai air, lantas dilap aja sudah membantu hambat munculnya karat.


Bila sudah parah, pakai Autosol lagi aja. Simpel kan,” tutup mekanik bertubuh subur ini. semoga bermanfaat. (SMB).


Sumber: M plus