Alex Rins yakin Suzuki tidak akan mengulangi kesalahan pemilihan mesin pada 2018. Ia juga mengungkapkan, mesin baru yang diuji coba saat tes Valencia tak memiliki poin negatif.


Alex Rins, Team Suzuki Ecstar MotoGP 2017




Halo brosist! salam super Pabrikan Jepang itu dilanda keterpurukan sepanjang musim ini, di mana kedua pembalap gagal menembus enam besar pada 14 balapan pertama.


Jelang berakhirnya 2017, Andrea Iannone dan Alex Rins justru mampu tampil impresif.


Salah satu faktor utama di balik performa buruk Suzuki karena salah memilih spesifikasi mesin saat tes pramusim, dan tim juga tidak diperbolehkan mengubahnya setelah musim dimulai.


Namun, Suzuki akan mendapatkan konsesi teknis musim depan menyusul raihan buruk pada 2017. Itu artinya, tim akan dapat menjalani tes tak terbatas dan melakukan pengembangan mesin.


Ditambah fakta mesin baru yang diuji coba saat tes Valencia tidak memiliki poin negatif, Rins pun berharap 2018 akan menjadi musim yang lebih baik bagi Suzuki.


“Konsesi baru akan membantu kami untuk meningkat dan berkembang,” ucap pembalap Spanyol itu.


“Tahun ini kami kekurangan mesin. Kami membuat keputusan yang salah dan jika kami bisa melakukannya lagi, maka itu akan berbeda. Kami berharap untuk tidak mengulangi (kesalahan yang sama).


“Dengan mesin (baru) ini, saya tidak mencapai limit, dan saya bisa berkendara sedikit lebih rileks.


“Sejak awal, saya mampu masuk tikungan lebih baik dan lebih stabil. Ini membantu saya. Kami (juga) telah meningkatkan traksi, tapi terutama pengereman, saya tidak menemukan poin negatif.”


Mesin baru puaskan Iannone Sementara itu, Iannone mengaku puas atas performa mesin baru Suzuki. Bahkan, ia tak menduga bakal tampil kencang saat menjalani tes Valencia pekan lalu.


“Mesin (baru) membuat sedikit kemajuan. Sangat mirip dengan 2017, tapi sedikit lebih baik,” tandasnya.


“Kami mengonfirmasikan feeling yang dimiliki saat tes di Brno, di mana kami menguji coba versi yang mirip dengan mesin baru.


“Spesifikasi mesin baru lebih baik, karena tidak mendorong di tikungan dengan cara yang sama seperti spesifikasi mesin sebelumnya. Itulah yang kami harapkan.


“Di area itu memungkinkan kami untuk lebih baik. Motor fantastis, memiliki banyak kelincahan dan ternyata sangat baik. Sekarang kami juga memiliki kecepatan yang bagus. Saya cukup terkejut dengan kecepatan yang kami miliki.


“Saya selalu mencetak antara 1 menit 31 detik dan 1 menit 31,5 detik. Tidak banyak pembalap yang memiliki kecepatan itu (pada hari kedua tes Valencia).”(SMB).


Sumber: motorsport.com