Salad box (dilingkari) terlihat berupa kotak logam (crash.net)




Halo brosist! salam super - Sejak dikenalkan di awal musim balap 2017 lalu, banyak pihak menduga-duga kotak yang ada di buntut Ducati Desmosedici.


Michelle Pirro pembalap uji Ducati menyebutnya "salad box".

Ada dugaan salad box ini berisi mengenai peranti elektronik. Ada juga yang menyebut sebagai katup knalpot.

Ada pula yang menyebut sebagai peredam. Namun semua baru analisa saja.


BACA JUGA:Valentino Rossi Turut Komentari Kesuksesan Ducati MotoGP 2017, Baper Teringat Masa Lalu?


"Jujur saja, berdasarkan gambar saya tidak berpikir ada yang tahu persis apa itu." sebut seorang pakar kepada crash.net.


Sepuluh bulan setelah berbagai analisa bereda saat di tes MotoGP Sepang, isi kotak salad Ducati yang misterius telah sempat terpapar.


Kecelakaan yang menimpa Danilo Petrucci sedikit membuka tabir.


Tapi lagi-lagi saat terbuka hanya kotak logam saja. Dan di dalamnya tak ada yang tahu apa itu.


Bagian belakang motor ducati pada tes privat Januari 2017 lalu, sekarang akrab disebut "salad box" (mot orsportmagazine.com)




Namun yang agak mendekati kebenaran, kotak salad itu berfungsi sebagai "gyroscopic mass damper" atau "peredam getaran" dan meningkatkan handling berkendara.


Ini terlihat Dovizioso mampu bermanuver ekstrem keluar tikungan dan beberapa kali menang dari RC213V saat keluar dari tikungan.


Dengan teknologi "salad box" ini akan mengoreksi wheelie saat keluar tikungan dan membuat mesin menjadi lebih stabil.


Sebuah video yang diunggah crash.net memperkuat dugaan itu.


BACA JUGA:Wajib Tau! Kenapa Kawasaki Ninja 250 Fi 2018 Terbaru Pakai Setang Upperyoke? Ternyata Ini Alasannya BACA JUGA:Kapan CRF150 Supermoto Meluncur?, Ini Kata Bos Honda.


Dalam video menunjukkan bagaimana "giroskop" berputar. "Giroskop" yang dapat membantu meminimalkan getaran itu persis sama dengan ukuran "salad box" tersebut.


Ketika hendak saat dikonfirmasi kepada tim Ducati dalam soal ini, mereka hanya bilang, "maaf" dalam artian hanya mereka yang tau (Tim Ducati). Semoga bermanfaat. (SMB).