Folger saat memacu motor Tech3. (Foto: Laman resmi Tech 3)




Hallo brosist! salam super - Pembalap Tim Monster Yamaha Tech 3, Jonas Folger, dinyatakan akan fit lebih cepat sebelum Natal.


Hal itu berarti, pembalap berpaspor Jerman akan ambil bagian di tes pramusim MotoGP 2018 di Sirkuit Sepang pada 28-30 Januari.


Folger sendiri mengakhiri MotoGP 2017 lebih cepat. Ia tak dapat mentas di empatraceterakhir karena terkena virus yang didiagnosa sebagai Sindrom Gilbert.


Bos Yamaha Tech 3, Herve Poncharal percaya pembalap berusia 22 tahun itu akan kembali tampil bugar pada MotoGP 2018.


"Dia butuh waktu untuk beristirahat. Saya diberi tahu, Folger akan sehat 100% pada hari Natal. Artinya ia harus melakukan tes pramusim pertama di Sirkuit Sepang pada Januari 2018," ujar Poncharal mengutip dari Speedcafe,Kamis (30/11/2017).


"Kami dan Folger bahagia karena bisa mengatasi masalah penyakitnya. Sekarang ia tahu hal yang harus dilakukan untuk sembuh." lanjut pembalap dengan nomor motor 94 itu.


"Yamaha Tech 3 sendiri tidak sabar untuk melihat Folger balapan lagi. Meski musim ini sang rekan setim yakni Johann Zarco lebih menonjol, tetapi Folger juga merupakan pembalap hebat.


Johann sangat terkesan dengan Folger saat balapan di Sachsenring.


Saya berharap musim depan Folger mampu melakukan apa yang kami lakukan dengan Johann di MotoGP 2017,” kata Poncharal, Meski Folger menyelesaikan musim pertama di MotoGP lebih awal, penampilannya sepanjang MotoGP 2017 sebagai rookie tak mengecewakan.


Bahkan pada balapan di Sachsenring Juli lalu Folger mampu meraih podium kedua, hanya kalah dari Marc Marquez.


"Jadi kami banyak berbicara tentang Johann (tahun ini), tapi Jonas (Folger) adalah orang hebat lain dan saya sangat berharap bisa membawanya tahun depan untuk melakukan apa yang kami lakukan dengan Johann di tahun 2017," tutup Poncharal.


Folger menutup MotoGP 2017 dengan finis di posisi 10 dengan koleksi 84 angka. Pencapaian itu luar biasa, mengingat Folger absen di empatrace.


Sementara itu, Zarco finis di posisi enam klasemen dengan perolehan 174 poin. Semoga bermanfaat. (SMB).