Proses penggantian oli mesin (Thio Pahlevi)




Halo brosist! salam super – Oli merupakan salah satu komponen penting pada motor yang harus rutin diganti.


Oli motor memiliki peran penting untuk melumasi komponen motor agar minim gesekan.


Gesekan yang terjadi dapat menyebabkan komponen mesin menjadi cepat aus, sehingga mengurangi tenaga yang dihasilkan oleh mesin.


Oli juga berfungsi sebagai pendingin dari panas yang dihasilkan oleh proses pembakaran di dalam silinder mesin atau akibat dari gesekan antar komponen.


Selain itu, oli juga berguna sebagai pembersih antar komponen mesin dan juga sebagai anti karat.


Kenapa oli harus diganti secara rutin?


Berdasarkan fungsi tersebut, oli tentunya perlu rutin diganti agar performa mesin tetap optimal dan juga menghindari dari rusaknya komponen mesin.


Penggantian oli yang tidak teratur akan menyebabkan komponen cepat rusak, bahkan jika terus dibiarkan, motor harus dilakukan servis besar.


“Kalau jarang ganti oli, mesin bisa cepat rusak karena sistem pelumasan tidak maksimal. Dampaknya tentu bisa menyebabkan komponen di dalam mesin menjadi rusak sehingga motor harus turun mesin”, kata Ribut Wahyudi, Kepala Mekanik Honda Bintang Motor, Cinere, Depok kepada gridoto beberapa waktu lalu.


Umumnya, penggantian oli motor berkisar pada 4.000 km atau pemakaian selama empat bulan dan 1.000 km pertama untuk motor baru wajib melakukan penggantian oli.


Penggantian oli ini juga didasarkan pada kondisi jalan yang rutin anda lalui, jarak tempuh, serta cuaca dan suhu sekitar anda tinggal.


Semakin jauh jarak yang anda tempuh atau kondisi suhu panas daerah yang anda lewati, maka penggantian oli bisa semakin cepat dari jadwal yang ditentukan. (SMB).