Anda menemukan ban mobil Anda aus sebelah atau tidak rata? Kejadian ini sering terjadi dan memiliki banyak penyebab.




Hallo brosist! salam super - Anda menemukan ban mobil Anda aus sebelah atau tidak rata? Kejadian ini sering terjadi dan memiliki banyak penyebab. Salah satu penyebabnya adalah jarangnya pengendara untuk merotasi posisi ban.


Dengan merotasi posisi ban secara berkala, tingkat keausannya akan menjadi rata. Namun, dalam merotasi ban Anda tidak bisa sembarangan.


Terdapat cara yang benar, di mana bisa ditemukan di buku petunjuk kendaraan. Perotasian ban sendiri sebaiknya dilakukan setiap 10 ribu kilometer.


Penyebab ban aus tak merata lainnya adalah tak melakukan spooring dan balancing. Spooring sendiri merupakan proses meluruskan kembali kedudukan roda, di mana jika posisi ban tidak lurus tak hanya akan berdampak pada keausan yag tak merata, namun juga rusaknya kompone lain.


Begitu pula balancing, sebenarnya perlakuan ini lebih ditujukan saat mengganti ban baru, namun berlaku pula ketika mencapai batas kilometer tertentu.


Balancing sendiri merupakan penyeimbangan putaran roda agar roda dapat bekerja dengan baik tanp memberikan beban ke satu titik.


Penyebab terakhir adalah cara berkendara. Ketika melewati jalan yang tidak rata atau rusak, ada baiknya tidak memacu kencang.


Soalnya, ketika melewati jalan tak rata, terdapat area ban yang terkena permukaan aspal, ada pula yang tidak. Lantas ketika memacu dengan kencang, ban yang terkena jalan akan bergesekan cukup keras.


Selain itu, menekan pedal dalam-dalam di jalan rusak cukup berbahaya,sekaligus dapat merusak tak hanya ban, namun juga velg serta kaki-kaki mobil. semoga bermanfaat. (SMB).


Sumber: Otosia